Ternyata mudah, cara membuat batagor tahu yang renyah

cara membuat batgor tahu
Tangankeren-Makanan atau wabil khusus cemilan yang satu ini sudah sangat familier di kepala dan perut kita, sebelum kita basah cara membuat batagor tahu, bolo ada yang tau ndak asal usul dari makan ini ? Ya betul banget, makanan ini adalah kuliner asli kota kembang, Bandung. Di kisahkan ada seorang yang mempunyai pekerjaan berjualan bakso setiap harinya. Pada suatu saat karena sepi pembeli maka alhasil dagangan dari orang tersebut tersisa banyak. Tidak mau rugi otak dagangnya berfikir mencari alternatif bagaimana sisa bakso tahu yang banyak ini tidak terbuang sia-sia.

Setelah beberapa saat memikirkannya akhirnya di putuskan untuk menggoreng semua sisa bakso yang ada, setelah itu langkah pertama yang dia lakukan adalah mencicipkan hasil gorengannya pada beberapa tetangganya. Seperti yang dia harapkan ternyata produk hasil modifikasinya di sukai para tetangganya.

Berbekal keyakinan dan dukungan dari para tetangga akhirnya dia memberanikan diri untuk menambah menu dagangannya selain berjualan bakso seperti biasanya dia juga menjual bakso goreng. Diluar dugaan ternyata pembeli menyukai produk barunya, bahkan penjualan bakso tahu gorengnya mengalahkan penjualan baksonya, sampai akhirnya para pelanggannya menyingkat makanan modifikasi ini dengan sebutan BATAGOR atau bakso tahu goreng. Itulah sekelumit kisah pak Isan atau Ihsan sang pembuat batagor untuk pertama kalinya.

Lanjut bolo ke cara membuatnya ala lezatia, hal pertama yang harus di siapkan adalah,

Bahan :

  1. Tepung terigu 100gr
  2. Tepung tapioka 50gr
  3. Tahu 6 potong
  4. Garam 1sdm
  5. Bawang putih 6 siung
  6. Merica bubuk 1sdt
  7. Penyedap secukupnya
  8. Kaldu bubuk 1 sdm
  9. Baking soda 1sdt
  10. Bawang prei optional, di iris tipis untuk campuran adonan

Setelah semua bahan sudah di siapkan, terus bagaimana cara membuat batagor tahu ? Maksudnya cara memasaknya ?
Yap, prosesnya adalah sebagai beriku:

  1. Campurkan tepung terigu dan tepung tapioka menjadi satu dan ratakan sampai terlihat homogen
  2. Kalau menghendaki memakai irisan bawang prey bisa di tambahkan pula pada tahap ini
  3. Hancurkan atau lumat tahu kemudian campurkan ke dalam adonan
  4. Setelah adonan di pastikan tercampur sempurna, kemudian sisihkan
  5. Haluskan bumbu yang termasuk di antaranya (bawang putih, garam, kaldu bubuk, penyedap, merica bubuk). Untuk soda kue bisa di tambahkan di proses terakhir saja.
  6. Campurkan bumbu halus dengan adonan yang kita sisihkan tadi.
  7. Setelah proses ini selesai, adonan bisa di simpan di dalam kulkas selama 15 menitan yang bertujuan untuk memberi kesempatan soda kue mengembangkan adonan.
  8. Setelah itu goreng adonan dengan bantuan sendok dan anggkat ketika sudah berwarna agak kecoklatan
  9. Tiriskan dan siap di sajikan

Untuk cocolan bisa menggunakan sambal kacang, atau kalau pingin praktis bisa menggunakan sambel pecel instant yang banyak di jual di warung sekitar kita.
Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Ternyata mudah, cara membuat batagor tahu yang renyah"